My Sites

This site is under construction.. :)

Create Your Badge

19 Aug 2013

Menyembuhkan jerawat dengan Ekstrak teh hijau

Bagi Anda yang memiliki banyak jerawat, jangan khawatir. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau bisa menjadi perawatan yang efektif untuk jerawat. Hasil ini diumumkan pda Asian Acne Board Meeting ke-6 di India.
"Tak ada perawatan yang cocok untuk semua jenis jerawat pada setiap orang, sehingga dermatolog selalu mencari cara yang aman dan efektif untuk menyembuhkan jerawat," ungkap Dr Jo-Ann See, dermatolog dari Australia, seperti dilansir oleh Sky News (17/05).
Teh hijau ditengarai memiliki prospek yang efektif untuk menyembuhkan jerawat. Teh hijau juga memiliki beberapa keuntungan dibanding dengan obat kecantikan lain, yaitu alami dan tidak beracun. Tak hanya itu, teh hijau juga bisa dijangkau oleh masyarakat.

Penelitian yang dilakukan juga diketahui memiliki hasil yang bagus, pasien yang menggunakan ekstrak teh hijau untuk mengobati jerawat diketahui lebih puas dengan hasil yang mereka dapatkan. Selain itu, mereka juga tak mengalami adanya efek samping. Dr See beranggapan bahwa hasil penelitian ini cukup menjanjikan.


Beberapa cara memanfaatkan teh hijau

Teh Hijau untuk Menghilangkan JerawatDewasa ini, teh hijau telah diolah sedemikian rupa dalam berbagai bentuk. Ada yang diolah menjadi minuman serbuk tinggal seduh, teh kantongan, body lotion, sabun kecantikan, masker, lulur, dan pil suplemen. Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat memang dianjurkan memperbanyak mengonsumsi teh hijau dan menggunakan produk-produk yang berbahan dasar teh hijau.
Masing-masing orang tentu mempunyai cara dan pilihannya sendiri-sendiri dalam mengaplikasikan teh hijau. Ada yang lebih memilih cara instant dengan mengonsumsi teh hijau yang sudah dikemas menjadi pil siap minum. Ada pula yang lebih memilih cara tradisional yang lebih alami. Untuk yang memilih cara tradisional, berikut ada beberapa cara pemanfaatan daun teh hijau yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengobati jerawat Anda.

Menyeduh teh hijau. Menyeduh teh hijau ternyata punya cara tersendiri. Agar efektifitas daun teh tidak berkurang, maka dianjurkan untuk menyeduhnya dengan air hangat-hangat kuku saja. Air panas atau air mendidih justru akan mengurangi kualitas zat-zat yang terkandung di dalamnya. Penyeduhan teh dianjurkan minimal 10 menit agar daun teh mengeluarkan polifenol lebih maksimal.

Minum 2-3 cangkir teh hijau setiap hari. Minum teh hijau sekitar 2-3 cangkir sehari adalah cara yang dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. The University of Maryland Medical Center mengatakan bahwa mengonsumsi dua sampai tiga cangkir teh hijau sehari akan membuat tubuh mendapatkan 320 mg polifenol. Tapi, beberapa orang menunjukkan reaksi negatif saat mengonsumsi teh hijau dalam jumlah tertentu, seperti diare dan mual. Untuk orang-orang seperti itu, dosis konsumsi teh hijau bisa diturunkan menjadi satu cangkir sehari (100 mg polifenol).

Sebagai toner. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengaplikasikan teh hijau secara langsung pada kulit, yaitu dengan menggunakannya sebagai toner. Caranya, basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Lalu usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada wajah yang telah dibersihkan. Anda juga bisa memasukkan air seduhan teh hijau ke dalam botol semprot/spray, lalu semprot wajah Anda dengan air tersebut kapan saja Anda merasa kulit Anda kering dan tidak segar.

Sebagai masker. Anda bisa menggunakan air seduhan teh hijau yang dikombinasikan dengan putih telur sebagai bahan untuk masker wajah. Caranya, ambil cukup campurkan beberapa tetes air teh hijau ke dalam putih telur yang sudah dikocok. Usapkan merata pada kulit wajah. Hasilnya kulit menjadi kencang dan noda-noda jerawat berkurang.
Nah tunggu apalagi, ternyata bahan alami seperti teh hijau mempunyai kemampuan yang baik dalam menyembuhkan jerawat dan menghilangkan noda-noda bekas jerawat. Sambil santai minum teh, sambil pula Anda bisa merasakan manfaatnya.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait Kesehatan

No comments:

Post a Comment