My Sites

This site is under construction.. :)

Create Your Badge

31 Dec 2013

8 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

8 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik - Kita tahu bahwa surat lamaran yang kita tulis, memegang peranan penting bagi diterima atau tidaknya lamaran kita, pahamilah bahwa surat lamaran kita mencerminkan siapa kita. 

8 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik
Inilah 8 tips dan trik saat menulis surat lamaran kerja :

1. Impresif

Coba untuk perlihatkan jati diri kita dengan menarik. Isi surat sebaiknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Hal ini adalah untuk memberi kesan baik pada calon atasan kita. Ingat, kesan pertama sangat mutlak. Jadi, usahakan untuk menyusun surat yang waktu seseorang mulai membacanya, bisa segera tertarik untuk tahu lebih lanjut. Kalau kita bisa melakukan ini, tunggu saja wawancara Anda.
2. Menyebutkan kualifikasi yang diraih

Prestasi kerja maupun pengalaman yang berhasil harus ditulis, untuk memperlihatkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang pantas dipertimbangkan.

3. Menggunakan bahasa yang baik, enak dibaca, ringkas dan padat

Kita mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya di dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, cukup kita memberi penjelasan yang singkat tetapi efektif.

4. Gunakan kalimat yang efektif

Jauhi kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat menjadi janggal.

5. Gunakan bahasa Indonesia atau Inggris ?

Apabila tidak diminta, jauhi penggunaan bahasa Inggris, terutama apabila kemampuan bahasa inggris kita kurang baik. Namun, bila kita menguasai bahasa Inggris dengan baik, membuat surat lamaran berbahasa Inggris, akan memberikan “nilai plus” untuk kita.

6. Tujuan dan Alasan melamar

Cantumkan tujuan dan alasan kita melamar. Biasanya tujuan yang sering diterangkan di dalam surat lamaran yakni bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang cukup di dalam bidang pekerjaan spesifik, dan dengan bergabungnya kita ke perusahaan tersebut, dapat memberikan kontribusi yang bernilai untuk perusahaan tersebut.

7. Kerapian

Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapi, tidak kusut, tidak tebal dan tidak gampang terkoyak. Jangan sampai menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran gampang dibaca, dan jauhi penggunaan tip-ex.

8. Catatan tangan atau komputer/ketikan ?
Sebenarnya yang baik adalah menggunakan tulisan tangan. Namun, bila perusahaan/instansi yang kita lamar men-syaratkan penggunaan komputer/ketikan, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan jauhi penggunaan printer dot matrix karena ini juga bisa memberi kesan bahwa kita adalah orang yang tertinggal di dalam tentang teknologi. Gunakan type font standar, seperti Times New Roman untuk memberikan kesan resmi.

Itu dia 8 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik. Semoga bermanfaat ...

Artikel Terkait Lowongan Kerja

4 comments:

  1. That is an extremely smart written article. I will be sure to bookmark it and return to learn extra of your useful information. Thank you for the post. I will certainly return.

    ReplyDelete
  2. SEO Company Pitampura6 October 2015 at 18:01

    I don’t know how I should give you thanks for making us aware about this important information! I am totally stunned by your article. You saved my time I would have wasted by browsing for same information on internet. Thanks a million for sharing this article.

    ReplyDelete
  3. Just desire to say your article is as astounding. The clarity in your post is simply cool and i could assume you are an expert on this subject.

    ReplyDelete
  4. I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

    ReplyDelete