My Sites

This site is under construction.. :)

Create Your Badge

23 Mar 2012

Sholat Sebagai Solusi Berbagai Sumber Masalah

Setiap saat manusia selalu dihadang berbagai masalah dalam hidupnya. Selesai satu masalah sudah menunggu masalah berikutnya. Banyak orang yang bingung, tertekan, stress, depresi dan menemui jalan buntu dalam menyelesaikan berbagai masalah tersebut. Mereka jadi putus asa , diantaranya ada yang mengakhiri hidupnya dengan melakukan tindakan bunuh diri. 

Shalat yang benar dan khusuk adalah cara paling jitu untuk mengatasi berbagai masalah yang datang menghadang dalam hidup ini. Allah mengingatkan hal tersebut dalam surat Al Baqarah ayat 45 dan 153 :
45. Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (Al Baqarah 45)

153. Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Al Baqarah 153)

Rasululllah jika ditimpa masalah yang sulit juga selalu memohon pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat , sebagaimana diriwayatkan dari Huzaifah ra , ia berkata:”Apabila Rasulullah saw menemui suatu kesulitan maka beliau selalu mengerjakan shalat (Ahmad, Abu Dawud-Durul Mantsur).

Apakah anda saat ini sedang dirudung berbagai kesulitan?. Hutang menumpuk, belum mendapatkan pekerjaan, belum mendapat jodoh, bisnis selalu gagal, karir macet, terancam PHK, rumah tangga kalut dan kacau, didera berbagai penyakit dan lain sebagainya. Anda selalu bertanya , mengapa semua ini terjadi pada diri anda. Allah mengingatkan bahwa apa saja bencana dan musibah yang menimpa adalah karena ulah perbuatan tangan anda sendiri. Allah mengingatkan hal tersebut dalam surat Asy Syuura ayat 30.
30. Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu (Asy Syuura 30)

Anda ingin keluar dari semua kesulitan tersebut? Lakukanlah introspeksi diri, bertaubatlah pada-Nya atas segala kesalahan dan kekeliruan yang pernah anda lakukan. Periksalah sholat anda , apakah anda sudah melakukan shalat dengan khusuk dan benar. Dengan melakukan perubahan dan perbaikan Allah akan merubah semua kehidupan anda dari keadaan terpuruk menjadi aman sejahtera , dan selalu hidup berkecukupan. Allah menegaskan hal tersebut dalam surat Huud ayat 3. 

3. dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat. (Huud 3)

Setelah bertaubat padaNya periksalah shalat anda, sudahkah anda shalat dengan khusuk dan benar. Perhatikan shalat yang anda lakukan setiap hari
  • Apakah anda shalat hanya sekadar memenuhi kewajiban?
  • Apakah shalat terasa sebagai beban yang memberatkan?
  • Apakah anda shalat dengan malas ?
  • Apakah anda sering meninggalkan shalat wajib?
  • Apakah anda tidak mengerti bacaan yang anda baca dalam shalat?
  • Apakah fikiran anda melayang tak tentu arah ketika mengerjakan shalat?
  • Apakah anda mengerjakan shalat dengan tergesa gesa dan ingin cepat selesai ?
Bagaimana jawaban anda , berapa banyak anda menjawab dengan “ya”. Semakin banyak anda menjawab dengan”ya” itulah salah satu penyebab kesulitan anda. Coba pula jawab pertanyaan berikut ini :
  • Apakah anda merasa shalat sebagai suatu kebutuhan hidup?
  • Apakah anda mengerjakan shalat dengan senang dan penuh kegairahan?
  • Apakah anda sering mengerjakan shalat sunah disamping shalat wajib?
  • Apakah anda sering mengerjakan shalat tahajud atau dhuha?
  • Apakah jika menghadapi masalah yang sulit anda mengerjakan shalat khusus untuk mengatasi masalah yang anda hadapi?
  • Apakah anda mengerti setiap kalimat/bacaan yang anda ucapkan dalam shalat ?
  • Apakah fikiran anda fokus pada apa yang anda ucapkan/baca dalam shalat?
  • Apakah anda merasa sedang berdialogh dengan Allah ketika melakukan shalat?
  • Apakah anda merasa mesra dan sangat dekat dengan Allah ketika shalat?
  • Apakah anda senang berlama lama dalam shalat sunah?
Bagaimana jawaban anda , berapa banyak anda menjawab “ya”. Semakin banyak anda menjawab dengan “ya” , semakin mudah anda mengatasi berbagai masalah hidup, dan semakin jauh kesulitan hidup dari diri anda.
Jika anda ingin memperbaiki mutu hidup, perbaikilah mutu shalat anda. Allah menjamin kesejahteraan dan kemenangan bagi orang yang khusuk dalam shalatnya sebagaimana disebutkan dalam surat Al Mukminun ayat 1-2:
  1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, 2. (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya (Al Mukminun 1-2)

Kondisi kehidupan anda merupakan refleksi dari kondisi shalat anda. Jika shalat anda beres pasti hidup anda beres pula. Jika shalat anda kacau maka kehidupan andapun akan kacau pula. Diakhiratpun kelak yang pertama dihisab adalah shalat sebagaimana disebutkan dalam salah satu Hadist:
Yang pertama-tama dipertanyakan (diperhitungkan) terhadap seorang hamba pada hari kiamat dari amal perbuatannya adalah tentang shalatnya. Apabila shalatnya baik maka dia beruntung dan sukses dan apabila shalatnya buruk maka dia kecewa dan merugi “. (HR. An-Nasaa’i dan Tirmidzi

Jika saat ini hidup anda selalu dirongrong berbagai masalah, hidup terasa sempit, sulit, hutang menumpuk, bisnis selalu merugi, karir mandek, terancam PHK, rumah tangga kalut, perasaan selalu tertekan, stress berkepanjangan, periksalah shalat anda. Orang yang shalatnya benar dan khusuk tidak akan mengalami hal seperti itu. Orang yang shalatnya benar dan khusuk selalu hidup bekecukupan dan dilapangkan rezekinya, hidup aman sejahtera dalam naungan dan pertolongan Allah. Berbagai masalah yang datang selalu bisa diatasi dengan cepat dan mudah. Jika terjadi bencana atau musibah selalu mendapat pertolongan dan jalan keluar dari tempat yang tidak pernah diduga. Semua itu dijamin oleh Allah. Anda bisa lihat dalam kehidupan sehari hari bukti nyata dari semua itu. 

Anda tidak perlu mendatangi paranormal,dukun atau tempat pesugihan untuk mengatasi problem yang membelit anda . Walaupun diantaranya ada yang berhasil , semua itu adalah tipu daya syetan untuk menyesatkan anda. Syetan menjanjikan kesenangan dan kesuksesan semu, yang pada akhirnya anda akan terjebak pada perbuatan musyrik mempersekutukan Allah. Janji Allah benar dan pasti dipenuhi. Shalat merupakan solusi jitu bagi berbagai masalah yang anda hadapi. 

Segera perbaiki mutu hidup anda dengan memperbaiki mutu shalat. Jangan biarkan diri dan keluarga anda hidup terus menerus dalam kesulitan, penderitaan, kebingungan dan kekalutan yang berkepanjangan. Orang yang khusuk dalam shalatnya , segera bisa mengatasi berbagai masalah yang datang dengan baik. Allah akan memberi jalan keluar dari berbagai masalah yang dihadapi, dan menolongnya dengan pertolongan yang dahsyat.

UNTUK MEMPERBAIKI MUTU HIDUP ANDA , PERBAIKILAH MUTU SHALAT ANDA.

Artikel Terkait Kumpulan Kultum

No comments:

Post a Comment