My Sites

This site is under construction.. :)

Create Your Badge

30 Apr 2013

Tips Mengerjakan SBMPTN

Pada tahun ini (2013) SNMPTN tulis sudah dihapus dan SNMPTN hanya ada jalur undangan. Meskipun SNMPTN tulis sudah dihapus, sepertinya akan muncul SBMPTN dan tes mandiri PTN. Berikut ini kami tuliskan beberapa tips yang mudah-mudahan juga bisa diterapkan dalam SBMPTN. Dan tentunya, mudah-mudahan SBMPTN model soal dan tingkat kesulitannya tidak jauh berbeda dengan SNMPTN.

Sebelum Test (Persiapan)
  1. Menguasai materi; Kuasailah seluruh materi-materi yang akan diujikan. Menurut saya (penulis), soal test SNMPTN memiliki kesulitan di atas test UN. Karena itulah, beberapa PTN tidak setuju hasil UN dijadikan dasar utama masuk PTN. Carilah buku-buku pemantapan yang berisi materi-materi dasar SNMPTN, maksud saya materinya bukan pembahasan soal-soal SNMPTN saja. Hal ini mempermudah Anda mempelajari materi secara menyeluruh. Beda halnya jika Anda mencari-cari buku pelajaran Anda kelas 1, 2, dan 3 maka seolah-olah terpisah-pisah dan saya yakin Anda akan pusing dengan buku yang bertumpuk-tumpuk, meskipun hanya melihatnya apalagi kalau membaca seluruhnya. Di samping itu, tentu Anda juga perlu buku tentang soal-soal SNMPTN sebelumnya. Anda sebaiknya persiapan jauh-jauh hari, jika Anda bukan orang jenius, mungkin kurang jika Anda hanya mempersiapkannya dalam waktu 6 bulan apalagi mempraktekan jurus SKS (Sistem Kebut Semalam/Sehari/Seminggu/Sebulan). Tentu, sedikit banyaknya waktu adalah sangat bergantung pada kemampuan dasar yang sudah Anda miliki dan tinggi rendahnya tingkat passing grade program studi PTN yang ingin Anda ambil.
  2. Lakukan uji coba (try out); Kami menyarankan Anda berlatih sendiri dengan jumlah soal dan alokasi waktu yang sama dengan test nyata SNMPTN. Anda juga boleh mengikuti try out yang diadakan lembaga lain, tetapi menurut saya itu jauh dari sama dengan SNMPTN yang sebenarnya. Disamping soal-soal yang biasanya sedikit, terkadang soal-soal itu sudah dipilah-pilah yang mana mereka (lembaga) memiliki jurus-jurus ampuh menyelesaikannya dengan mudah. Hal ini mereka tujukan untuk mempermudah promosi/sponsor jasa mereka. 
  3. Pemilihan Jurusan (Program Studi); Pilihlah program studi dan PTN sesuai dengan kemampuan Anda. Jika kemampuan Anda hanya 35%, kami sarankan Anda tidak memaksakan diri memilih program studi Pendidikan Dokter, kemungkinan 90% Anda akan gagal, 10%-nya adalah keberuntungan. Pilihlah pada pilihan pertama, program studi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Untuk pilihan kedua, pilihlah program studi yang passing gradenya minimal 10% di bawah pilihan pertama.   

Saat Test
  1. Perhatikan baik-baik waktu yang diberikan dan atur pemanfaatan waktu sebaik-baiknya; Manajemen waktu adalah hal penting, apalagi untuk mengerjakan test yang diberikan dengan waktu terbatas. Mungkin ketika latihan, Anda bisa mengerjakan semua soal dalam sepaket tes SNMPTN. Namu ketika Anda test, maka waktu Anda terbatas. Jadi, usahakan latihan dengan alokasi waktu yang sama dengan saat tes SNMPTN. Tanpa manajemen waktu yang baik, Anda tidak akan mampu mengerjakan secara maksimal. Bisa jadi ada mata pelajaran terlewatkan atau Anda malah terjebak pada soal yang Anda tidak bisa kerjakan yang mana malah menghabiskan banyak waktu yang diberikan. Membawa jam tangan mungkin hal yang baik untuk membantu manajemen waktu Anda.
  2. Gunakan Alat Tulis Standar atau Terbukti Lebih Baik dari Kualitas Standar; Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa alat tulis Anda telah terbukti dapat digunakan mengisi LJK dan dapat terbaca oleh komputer. Bawalah alat tulis secukupnya, kami sarankan minimal minimal 2 buah.
  3. Miliki mata pelajaran andalan, raihlah nilai maksimum pada mata pelajaran andalan; Ini adalah senjata pusaka jika Anda tidak menguasai seluruh mata pelajaran. Kerjakan mata pelajaran yang Anda ahli, pada awal dengan alokasi waktu yang sudah Anda tentukan.
  4. Kerjakan seluruh mata pelajaran; Seluruh mata pelajaran sebaiknya Anda kerjakan, karena itu manajemen waktu sangat penting. Jika Anda tidak menguasai lantaran kurang tertarik pada mata pelajaran tertentu maka cukup kerjakan satu atau dua nomor dan pastikan bernilai benar. Kerjakan dengan tenang dan jaga baik-baik emosi Anda saat mengerjakan. Jangan coba-coba mencontek ataupun meminta jawaban peserta lain, karena pengawas dapat saja membatalkan hasil pekerjaan Anda. Tinggalkan kebiasaan curang Anda di SMA.
  5. Jangan menebak-nebak jawaban; Kerjakanlah soal-soal yang bisa Anda kerjakan. Jika Anda cukup menguasai materi SNMPTN, disarankan jangan menebak-nebak jawaban, tinggalkan yang tidak bisa Anda kerjakan. Terkecuali jika Anda hampir tidak menguasai sama sekali, silahkan saja tebak-tebak berhadiah.
  6. Raihlah nilai kumulatif positif pada masing-masing mata pelajaran; Nilai kumulatif adalah nilai total masing-masing mata pelajaran. Jangan sampai salah satu mata pelajaran Anda bernilai negatif. 

Pasca Test

  1. Koreksi hasil pengerjaan Anda di rumah, evaluasi dan hitung persentase nilai Anda.
  2. Anda boleh menggunakan daftar perkiraan passing grade di sini sebagai acuan dengan menambahkan toleransi untuk lebih aman 10%. Jadi jika passing grade Anda 40%, maka anggap yang harus Anda hasilkan adalah lebih dari 50%.
  3. Periksa apakah hasil Anda sudah memenuhi point 2 di atas terhadap pilihan pertama, kemudian periksa juga untuk pilihan kedua.
  4. Jika nilai Anda jauh di atasnya, Anda boleh berlega hati tetapi tetap berdoa mudah-mudahan bisa masuk, jangan pernah menyombongkan diri karena sehebat apapun Anda, Tuhan tidak akan suka.... Jika ternyata nilai Anda pas-pasan terhadap passing grade, lebih banyaklah berdoa, boleh Anda juga bersiap-siap mencari jalur alternatif... Jika nilai Anda ternyata jauh di bawah passing grade, siap-siap cari jalur lain aja ya... Tetap jangan berkecil hati, mungkin jalur hidup Anda bukan melalui ini.
 

Artikel Terkait SBMPTN

No comments:

Post a Comment