Membuat surat lamaran pekerjaan merupakan keharusan bagi setiap orang
yang akan melamar pekerjaan, tentunya untuk menguasai cara caranya
diperlukan rujukan yang terpercaya dan resmi.
Surat lamaran kerja adalah salah satu jenis surat resmi. Karena itu, surat lamaran kerja mempunyai bentuk yang resmi dan memakai bahasa yang resmi pula. Adapun unsur yang harus dicantumkan dalam sebuah surat lamaran kerja sebagai berikut.
1. Tempat dan Tanggal Surat
Pada sebuah surat lamaran pekerjaan perlu ditulis tempat, tanggal, bulan, tahun penulisan surat karena surat lamaran tidak mencantumkan kepala surat. Tempat dan tanggal surat lamaran biasanya di tulis di sebelah kanan atas.
2. Hal atau Perihal
Bagian ini menunjukkan isi atau inti surat secara singkat. Dengan mencantumkan hal atau perihal, secara cepat dapat diketahui masalah yang dituliskan dalam surat. Hal atau perihal ditulis disebelah kanan atas.
3. Lampiran
Alamat surat berisi surat itu ditujukan kepada siapa (nama orang atau jabatan) dan ke mana surat itu dikirimkan.
6. Isi Surat
a. Pembukaan
Pada bagian pembukaan surat lamaran pekerjaan, biasanya dituliskan sumber informasi lamaran. Misalnya, informasi tersebut diperoleh dari pengumuman, iklan di media massa, informasi dari teman, dan sebagainya.
Pada bagian pembukaan surat lamaran pekerjaan, biasanya dituliskan sumber informasi lamaran. Misalnya, informasi tersebut diperoleh dari pengumuman, iklan di media massa, informasi dari teman, dan sebagainya.
b. Isi Sesungguhnya
Pada bagian ini yang perlu dicantumkan atau dituliskan, antara lain:
Pada bagian ini yang perlu dicantumkan atau dituliskan, antara lain:
- identitas pelamar, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan, pengalaman (jika punya), dan keterangan lain yang dianggap perlu;
- isi atau tujuan yang dikehendaki penulis surat atau pelamar;
- syarat-syarat administrasi yang diminta atau keteranganketerangan yang dilampirkan bersama surat itu.
c. Penutup
Penutup surat merupakan kesimpulan atau harapan yang berfungsi sebagai kunci surat. Umumnya berisi ucapan terima kasih terhadap semua hal yang dikemukakan dalam isi surat. Melampirkan berarti menyertakan sesuatu dengan yang lain. Jika bersama surat yang dikirimkan itu disertakan surat-surat lain, maka cantumkan banyaknya pada bagian lampiran. Lampiran ditulis di sebelah kanan di bawah hal atau perihal.
Penutup surat merupakan kesimpulan atau harapan yang berfungsi sebagai kunci surat. Umumnya berisi ucapan terima kasih terhadap semua hal yang dikemukakan dalam isi surat. Melampirkan berarti menyertakan sesuatu dengan yang lain. Jika bersama surat yang dikirimkan itu disertakan surat-surat lain, maka cantumkan banyaknya pada bagian lampiran. Lampiran ditulis di sebelah kanan di bawah hal atau perihal.
4. Alamat Surat
5. Salam Pembuka
Salam pembuka merupakan tanda hormat pengirim surat sebelum ia berbicara secara tertulis. Misalnya Dengan hormat, Assalamualaikum Wr.Wb., dan sebagainya.
7. Salam Penutup
Salam penutup dapat menyebutkan, misalnya Hormat saya atau pelamar yang diikuti nama jelas dan tanda tangan pelamar. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menulis suarat lamaran pekerjaan, selain unsur-unsur yang disebutkan di atas, bahwa surat lamaran pekerjaan sebaiknya ditulis dengan tulisan tangan di atas kertas ukuran folio dan bermaterai.
1. Kepala surat, yang memuat tentang tempat dan tanggal penulisan surat, perihal surat, dan tujuan surat.
2. Batang tubuh surat, yang mencakup:
a. pembuka surat, biasanya mengemukakan hal-hal yang berkaitan dengan identitas pelamar;
b. isi surat sesungguhnya, yakni berisikan tujuan dan maksud pembuat surat dan persyaratan
yang dapat melengkapi maksud penulis surat; dan
c. penutup surat, berisi salam penutup, nama, dan tanda tangan penulis surat.
c. penutup surat, berisi salam penutup, nama, dan tanda tangan penulis surat.
Nah semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan dan berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar