My Sites

This site is under construction.. :)

Create Your Badge

2 Mar 2013

Cara Reset Printer Canon


Printer canon kita suatu saat pasti akan membutuhkan yang namanya reset cartidge. Resetting printer dibutuhkan jika printer canon mengalami lampu kuning/orange yang menyala berkedip pada resume/power secara bergantian serta di layar tertulis The ink absorber is full.
Apa penyebabnya? Biasanya karena adanya tinta yang bocor/meleber saat mengisi ulang tinta, cartridge printer tersumbat akibat lama tidak dipakai atau memang sudah saatnya reset karena lamanya pemakaian printer tersebut.Untuk mengatasi The ink absorber is full, kita harus melakukan reset printer tersebut. Ada 2 cara mereset printer canon, yaitu cara darurat dan cara permanen.

Cara 1, Cara Reset Printer Canon Secara Darurat :

1      Matikan printer dan cabut kabel power printer
2      Tekan dan tahan tombol power kemudian colok kabel power printer canon tersebut (gunakan jari telunjuk untuk menahan tombol power)
3      Pasang kembali kabel power printer, Lampu indikator (L.E.D) printer canon tersebut biasanya berwarna orange/kuning yang berkedip
4      Tekan tombol resume (gunakan jari tengah) sambil tetap menekan tombol power
5      Tekan tombol resume beberapa kali sampai warna lampu indikatornya berwarna hijau dan stabil (biasanya 4 kali menekan tombol resume)
6      Lepaskan jari telunjuk dari tombol power
Reset printer telah selesai, Untuk mencoba apakah hasil reset kita telah berhasil, masuk ke control panel printer and paxes. Klik kanan jenis printer  properties.
Pada tab general, klik print page test. Jika bisa memprint kertas maka reset printer tersebut telah berhasil. Namun cara ini adalah merupakan cara darurat atau lebih dikenal dengan istilah service mode atau ada juga yang bilang reset hardware.
Cara darurat ini biasanya tidak akan bertahan lama dan printer canon ada akan kembali bermasalah. Agar Lampu power printer tidak berkedip lagi atau timbul pesan 鍍he ink absorfer is full”, maka kita harus melakukan resetting printer permanen dengan software resetting printer.
Cara 2, Cara Reset Printer Canon Dengan Software Resetting Printer
Cara kedua ini memerlukan sambungan ke internet untuk mendownload software tersebut, jika komputer anda tidak terhubung ke internet kita bisa pergi ke warnet untuk mendownload Software Resetter Printer Canon tersebut.
 
1      Jalankan browser web anda  (Ex Mozilla, opera, chrome dll)
2      Download software resetter untuk Canon Pixma iP1880 atau sesuai dengan jenis printer anda. Klik link berikut, Download Resetter Printer Canon iP1880
3      Pastikan bahwa driver printer sudah terinstal dengan baik. Lihat tutorial cara install driver printer
4      Hubungkan kabel USB.
5      Sebelum menghubungkan kabel power, tekan dan tahan tombol 善owerkemudian hubungkan kabel power printer.
6      Pada saat yang sama tahan tombol 善ower dan tekan tombeol reject/resume 2 dua kali kemudian lepaskan tombol power.
7      Jalankan 壮oftware resetting printer canonuntuk kasus ini saya mengambil contoh Canon iP1880 yang telah didownload dari internet tadi.
8      klik tombil LOCK RELEASE yang ada pada software. Kemudian pilih 鉄et Destination to iP1880".
9      Checklist CLEANING dan EEPROM CLEAR
10  Klik MAIN dan PLATEN
11  Terakhir lakukan TEST PATTERN1 (siapkan kertas di printer karena printer akan test print).
Selamat mencoba, semoga tutorial canon reset printer ini berhasil juga untuk printer anda. Sebagai tambahan, kata teman yang lain bahwa software resetter ini bisa juga digunakan untuk printer canon pixma ip 1100, 1700, 1800, 1980 dan 2500.

Artikel Terkait Seputar PC

No comments:

Post a Comment